Kamis, 05 Juni 2014

Resensi Film The Croods

Resensi Film The Croods : Follow The Sun






  • Data Film

Judul            : The Croods
Jenis            : Animasi, Petualangan, Komedi
Produser       : Kristine Benson dan Jane Hartwell
Sutradara     : Kirk DeMicco dan Chris Sanders
Skenario       : Kirk DeMicco dan Chris Sanders
Narator        : Emma Stone
Musik           : Alan Silvestri
Penyunting    : Eric Dapkewicz dan Darren T. Holmes
Durasi          : 98 menit
Perusahaan    : DreamWorks Animation
Distributor   : 20th Century Fox
Tanggal Rilis : 22 Maret 2013

  • Pemeran Film

Emma Stone sebagai Eep
Nicolas Cage sebagai Grug
Catherine Keener sebagai Ugga
Clark Duke sebagai Thunk
Cloris Leachman sebagai Gran
Ryan Reynold sebagai Guy
Chris Sanders sebagai Belt
Randy Thom sebagai Sandy


Eep
Grug
Ugga
Thunk


Belt

Sandy

Gran


Guy





















  • Pendahuluan

The Croods merupakan film animasi 3D yang diproduksi oleh DreamWorks Animation dan didistribusikan oleh 20th Century Fox yang dirilis pada 22 Maret 2013. Latar waktu yang digunakan pada film ini yaitu zaman prasejarah.
  • Isi
Kisah dibuka dengan perkenalan keluarga Croods ini, mereka merupakan sekelompok orang yang menetap di sekitar daerah yang tandus dan gersang, kehidupan mereka sangat bergantung pada gua yang mereka huni. Bertahan hidup dilakukan dengan cara meredam rasa ingin tahu sehingga membuat mereka tidak pernah mengeksplor daerah-daerah lain. Setiap malam sehabis berburu makan di siang hari, mereka berenam selalu mengurung diri dalam gua yang gelap.



Eep yang merupakan manusia gua berpikir bahwa setiap hari terdapat secercah harapan, namun tidak baginya. Eep hidup bersama anggota keluarganya, yaitu keluarga Croods, yakni ayahnya Grug beserta istrinya Ugga, anak lelakinya Thunk, anak perempuannya Sandy, dan mertuanya Gran. Eep dan keluarganya merupakan manusia gua yang tersisa pada saat itu. Keluarga Croods dapat bertahan karena ayahnya, Grug yang kuat dan selalu mengikuti aturan yang tertulis di dinding gua. Ayah Eep merupakan ayah yang sangat disiplin, segala sesuatu harus mengikuti isyarat ayahnya terlebih dahulu. Namun eep merupakan gadis yang selalu ingin tahu segala hal mengenai dunia luar. Ayahnya selalu memperingati setiap keluarganya, terutama Eep untuk tidak mencari sesuatu yang baru. 


          Malam itu Eep mendengar suara dan melihat cahaya sehingga ia keluar dari gua untuk menangkap cahaya tersebut dan melanggar aturan ayahnya, kemudian ia bertemu dengan Guy, manusia gua lainnya yang membuat api dan menimbulkan cahaya tersebut. Guy memberitahu pada Eep bahwa dunia akan berakhir dan mengajak Eep untuk ikut bersama dirinya menyelamatkan diri, namun Eep menolak dan Guy memberikan kerang sebelum akhirnya pergi, kerang tersebut dapat ditiup saat Eep membutuhkan dirinya. Grug, ayahnya terbangun dari tidurnya dan tersadar bahwa Eep tidak berada didalam gua lalu pergi mencarinya, setelah menemukan Eep, Grug sangat marah pada Eep. Sesaat setelah Eep kembali ke gua ia memberitahu keluarganya bahwa ia bertemu dengan Guy, dan mencoba memanggil Guy dengan kerang pemberian Guy, namun sebelumnya keluarga Eep merusak kerang pemberian tersebut dan menolak sesuatu yang baru itu.


Gempa terjadi setelahnya, Grug memperingati anggota keluarganya untuk berlindung, namun gua tempat mereka telah rusak karena gempa. Kemudian mereka melihat tempat baru yang jauh berbeda dari tempat yang selama ini mereka ketahui, dan mencoba mencari gua baru ditempat baru tersebut namun tidak berhasil dan mereka hanya diserang hewan-hewan yang terdapat disana, karena Eep merasa memerlukan bantuan maka Eep berfikir untuk membunyikan gading yang ia rasa mirip dengan suara kerang yang diberikan oleh Guy. Guy yang berada tidak jauh dari situ mendengarnya dan mencoba menolong Eep dan keluarganya.


Karena api buatan Guy, keluarga Croods tertarik dengan api yang sebelumnya tidak pernah mereka lihat, namun karena tingkah aneh mereka terjadilah kebakaran , namun Guy pun merasa aneh dengan keluarga Croods dan berusaha untuk menjauhinya, tetapi keluarga Croods membutuhkan api dari Guy sehingga Guy dipaksa untuk ikut mencari gua bersama keluarga Croods. Malamnya Guy bercerita mengenai tempat yang ia sebut ‘Hari Esok’ dimana tempat tersebut adalah tempat yang akan ia tuju, dan tempat itu menarik bagi keluarga Croods, dan mereka memutuskan akan pergi bersama ketempat tersebut.


Setelah melalui perjalanan panjang, keluarga Croods mampu menerima hal baru yang diberikan oleh Guy, namun Grug masih belum bisa menerima semuanya dan merasa cemburu karena kecerdasan Guy. Tetapi pada akhirnya Grug berhasil menerima Guy. Mereka akhirnya sampai ketempat yang mereka tuju, namun perjalanan mereka belum berakhir karena tidak adanya Grug ditempat itu. Akhirnya Grug dapat berfikir bahwa ia bisa melewati semuanya untuk mencapai tempat dimana keluarganya dan Guy sudah berada. Dan mereka berhasil menemukan tempat baru dengan kehidupan baru yang mereka jalani dengan bahagia.

  • Kekurangan :
  1. Alur ceritanya mudah ditebak.
  2. The Croods bagaikan dejavu, karena karakter manusia purbakala ala Fred dan Wilma, namun dengan latar yang mengingatkan kita pada film Ice Age tanpa tumpukan salju.
  • Kelebihan :
  1. Animasi 3D yang sangat bagus, karena tampilan visual yang dibuat sangat imaginatif dan kreatif.
  2. Animasi yang sangat menghibur dan penuh humor.
  3. Setiap pengisi suara memiliki chemistry yang kuat dengan karakter yang dibawakan.

  • Penutup
Dibalik kekurangannya, The Croods berhasil bertahan lewat kelebihannya yang begitu memikat. Salah satunya humor, dari menit pertama hingga akhir yang penonton lakukan hanya tertawa, tertawa, tertawa dan terbahak-bahak. Di sisi lain, The Croods juga menghadirkan beberapa momen emosional. Meski sedikit, momen-momen ini dapat menyelesaikan misinya dengan baik. DreamWorks nampaknya sudah sangat menunjukkan  cerita yang baik, semuanya digarap dengan sangat rapi. The Croods sangat direkomendasikan untuk ditonton.

37 komentar:

  1. hmmm... first komen ya :p good resensi, udah mencakup semuanya, ada kelebihan dan kekurangannya juga.. ditunggu resensi film selanjutnyaaaaaaaaaaa :D hehe ^^V

    BalasHapus
  2. Aku sih belum pernah nonton nih film hehe tapi kalo dibaca dari resensinya jadi pengen nonton deh... lebih bagus lagi kalo ada trailernya nih.... ditunggu postingan selanjutnya yaa ^^~

    BalasHapus
  3. Bagus nih kayanya filmnya :)

    BalasHapus
  4. Nice Info min (y)
    Filmnya juga bisa menghibur :)

    BalasHapus
  5. bagus, bisa masuk watchlist ini the croods,
    terima kasih resensinya

    BalasHapus
  6. belum pernah nonton sih tapi dari resensinya kayanya bagus filmnya :)

    BalasHapus
  7. film yang bagus, tingkah laku keluarga croods sangat megocok perut haha

    BalasHapus
  8. wah, sumpah, nih fim kocak abis gue nontonnya, walaupun awalnya ga ngerti hehehe. lanjutkan

    BalasHapus
  9. Wih, Ada Emma Stone Calon Istri :v

    BalasHapus
  10. wah bisa di tonton nih pasti asikk bnget film nya :D

    BalasHapus
  11. hmm... kayaknya filmnya bagus, harus ditonton nih filmnya

    BalasHapus
  12. Kia Carens and the Croods - Kia Jordan :D

    BalasHapus
  13. Filmnya bagus, resensinya keren!

    BalasHapus
  14. uwa, sepertinya lucu nih filmnya :v

    BalasHapus
  15. kereeen kisahnya menarik haahahaa

    BalasHapus
  16. belum nonton sih.. tapi ya bolehlah dimasuki list..
    lagian buatan dreamworks itu biasanya asik2 storynya

    BalasHapus
  17. Waowww bagus gan cartoonnya

    BalasHapus
  18. bagus gan resensinya.. ditunggu resensi filmya selanjutnya...

    BalasHapus
  19. link download filmnya sekalian donk :D

    BalasHapus
  20. rensensinya waooow.. wajib di tonton nih filmnya

    BalasHapus
  21. ini film apa?? ko akk ngak tau yah?? wahhh wajibb DITONTON nihh.......menarik ceritanya... ^^

    BalasHapus
  22. keren eh ada trailer nya (y)

    BalasHapus
  23. Keren resensinya :) ada gambar disetiap alur peristiwanya...

    BalasHapus
  24. filmnya keren nih ntar nonton deh;))

    BalasHapus
  25. Diliat dari resensinya,, filmnya pasti menghibur banget nih,, :)

    BalasHapus
  26. Semangat sore!
    Di bagian pendahuluan yang belum dicantumkan keterangan mengenai sutradara karena ini resensi film.

    BalasHapus